Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat Dari Sisi Anggota

 

Ada beberapa aspek yang menentukan Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat Dari Sisi Anggota  antara lain :

 

·         Efek –efek ekonomis Koperasi

 

·         Efek harga dan Efek biaya

 

·         Analisis hubungan efek ekonomis dengan keberhasilan koperasi

 

·         Penyajian dan analisis neraca pelayanan

 

Hubungan penting yang harus dilakukan koperasi salah satunya adalah dengan para anggotanya yang memiliki kedudukan sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

 

 

Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik akan mempertanyakan dana yang dialokasikannya. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang dan jasa, mengguntung tidaknya pelayanan koperasi jika dibandingkan dengan penjual atau pembeli diluar koperasi.

 

 

Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perisahaan koperasi :

 

1.      Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya.

 

2.      Jika pelayanan itu ditawarkan dengan harga, mutu, atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan disbanding yang diperoleh dari pihak-pihak lain di luar koperasi.

 

 

Berhasilnya suatu koperasi jika dilihat dari sisi anggota yaitu dengan partisipasi anggota tersebut didalam koperasi, partisipasi anggota dapat dipandang dari beberapa hal antara lain :

 

 

1)      Partisipasi dipandang dari sifatnya

 

Jika dipandang dari segi sifatnya, partisipasi dapat berupa, partisipasi yang dipaksakan (forced) dan partisipasi sukarela (foluntary). Jika tidak dipaksa oleh situasi dan kondisi, partisipasi yang dipaksakan (forced) tidak sesuai dengan prinsip koperasi keanggotaan terbuka dan sukarela serta manajemen demokratis. Partisipasi yang sesuai pada koperasi adalah partisipasi yang bersifat sukarela(foluntary).

 

 

2)      Partisipasi dipandang dari bentuknya

 

Dipandang dari sifat keformalannya, partisipasi dapat bersifat formal (formal participation) dan dapat pula bersifat informal (informal participation). Pada koperasi kedua bentuk partisipasi ini bisa dilaksanakan secara bersama-sama.

 

 

3)      Partisipasi dipandang dari pelaksanaannya

 

Dipandang dari segi pelaksanaannya, partisipasi dapat dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung. Pada koperasi partisipasi langsung dan tidak langsung dapat dilaksanakan secara bersama-sama tergantung pada situasi dan kondisi serta aturan yang berlaku. Partisipasi langsung dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas koperasi (membeli atau menjual kepada koperasi), memberikan saran-saran atauinformasi dalam rapat-rapat, memberikan kontribusi modal, memilih pengurus, dan lain-lain. Partisipasi tidak langsung terjadi apabila jumlah anggota terlampau banyak, anggota tersebar di wilayah kerja koperasi yang terintegrasi, sehingga diperlukan perwakilan-perwakilan untuk menyampaikan aspirasinya.

 

 

4)      Partisipasi dipandang dari segi kepentingannya

 

Dipandang dari segi kepentingannya partisipasi dalam koperasi dapat berupa partisipasi kontributis (contributif participation) dan partisipasi intensif (incentif participation). Kedua jenis partisipasi ini timbul sebagai akibat dari peran ganda anggota sebagai pemilik dan sekaligus sebagai pelanggan.

 

 

Efek-efek Ekonomis Koperasi 

 

 

Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi. Sedangkan dalam hal ini anggota juga mengharapkan hasil atau efek dari keanggotaannya dalam koperasi efek tersebut yaitu kemanfaatan ekonomis.

 

Kemanfaatan ekonomis yang di maksud adalah insentif berupa pelayanan barang jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya atau diperolehnya harga menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.

 

Bila dilihat dari peranan anggota dalam koperasi yang begitu dominan, maka setiap harga yang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota. Perbedaan ini mengharuskan daya analisis yang lebih tajam dalam melihat peranan koperasi dalam pasar yang bersaing.

 

 

Sumber :

 

http://myrifqy.blogspot.com/2012/12/evaluasi-keberhasilan-koperasi-dilihat.html

 

 

http://damayantimaia.blogspot.com/2010/01/bab-9-evaluasi-keberhasilan-koperasi.html

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s